Dosen Unisnu Jepara Bantu Mesin dan Pendampingan Pelaku Usaha

Dosen Unisnu Jepara Bantu Mesin dan Pendampingan Pelaku Usaha

Jepara - Dosen Unisnu Jepara bermitra dengan Vista Homedeco memberi pendampingan bisnis terhadap pelaku usaha di Jepara. Selain itu keduanya memberi bantuan mesin kemarin. Dosen itu tergabung dalam tim pengabdian yang beranggotakan empat orang. Diketuai Achmad Zainudin dari Program Studi Desain Produk. Beranggotakan Saharul Alim dari Program Studi Teknik Elektro, Sarwido, dan Nur Aeni Widiastuti dari Program Studi Teknik Informatika. Tim Pengabdian menggandeng Vista Hemedeco milik Tafrikhan.

Berdiri sejak 2015, permasalahan dihadapi mitra di antaranya belum bisa memenuhi permintaan pasar. Dikarenakan kurangnya kapasitas produksi dan kurangnya tenaga ahli. Selain itu tata lay out masih seadanya. Media promosi hanya melalui pameran.

Dari permasalahan tersebut, pihaknya memberi solusi atas permasalahan tersebut. ”Caranya memberi bantuan mesin dan pendampingan melalui sosialisasi dan pelatihan,” kata Ketua Tim Pengabdian Achmad Zainudin. 

Tim memberikan pelatihan penggunaan mesin spindel, pelatihan desain produk, pelatihan keuangan, dan pelatihan internet marketing. Diharapkan dapat membantu mitra dalam mengembangkan usahanya dari segi produksi, promosi, desain, dan manajemen keuangan.

”Sehingga bisa merambah ke pasar ekspor dan domestik. Dengan begitu ada upaya untuk memperkenalkan produk unggulan Jepara agar bisa mendunia,” tuturnya.

Zainudin menambahkan program pengabdian dilakukan sebagai wujud nyata partisipasi akademisi dalam mengimplementasikan ilmunya di masyarakat. Pelaksanaan pengabdian itu melibatkan dosen, mahasiswa dan industri kecil menengah yang ada di Kabupaten Jepara. 


Admin TIF

Komentar